Skip to main content

FILOSOFI / MAKNA DARI BENTUK KERIS

FILOSOFI / MAKNA DARI BENTUK KERIS - Keris yang selama ini beredar di kalangan kita adalah senjata kuno yang memiliki keunikan bentuk tersendiri, sehingga tidak heran kalau banyak orang yang masih sangat hoby untuk koleksi benda pusaka yang satu ini. ada apa di balik bentuk unik keris ? Mari kita simak bersama.

Filosofi / Makna Dari Bentuk Keris KERIS adalah :
  • LURUS atau LAJER menunjukkan sebuah harapan tekad manusia untuk kuat dan teguh dalam menjalankan kehidupan dalam upaya bersatu kembali dengan ALLAH swt. atau sifat keberanian, kebenaran, konsentrasi. 
  • KERIS LUK 3 atau JANGKUNG, manusia diharapkan jinangkung, jinampangan dening ALLAH SWT, tetapi manusia harus memberi perlindungan atau sifat akal budi, perlawanan, inisiatip.
  • KERIS LUK 5 atau PANDAWA, berarti jangkep, manusia di lahirkan dengan lima panca indra yang harus di asah untuk mampu bersatu dengan ALLAH SWT. sifat dan karakternyapun di harapkan mencontoh sifat kelima ksatria pandawa yakni, Puntadewa, Werkudara, Janaka, Nakula, Sadewa. Sifat sifat harus di hayati bersamaansebagai manusia utuh, atau sifat kesatria para pandawa, ketertiban, disiplin. 
  • KERIS LUK 7 di harapkan manusia mendapatkan pitulungan dari ALLAH SWT, lekuk tujuh juga bersifat sempana, kewaspadaan. Manusia diharapkan untuk eling lan waspada dalam hidup yang hanya sebentar atau sifat kesaktian, kegembiraan dalam hidup, perguruan, pengetahuan hidup. 
  • KERIS LUK 9 atau dhapur jigja, sebuah simbol keperwiraan. Manusia hidup harus mempunyai jiwa perwira, mampu mengatasi segala kesulitan atau sifat ketuhanan, kepuasan hidup, pintu gerbang surga. 
  • KERIS LUK 11 atau berdhapur SABUK INTEN, mengisyaratkan sabuk kehidupan manusia hanyalah belas kasih/welas asih, lantaran hidup manusia berkat belas kasih ALLAH SWT atau harapan belas kasihan dari tuhan, Mandito 
  • KERIS LUK 13 yang bermakna las lasaning urip, akhir kehidupan, mau kemana kalau tidak bersatu dengan ALLAH, atau las lasaning urip manungso, mencari kehidupan setelah mati. itulah pakem sebuah keris maha karya nenek moyang kita yang disebut sebagai "MUSTIKANING MANEMBAH" dalam arti kepada ALLAH SWT.
Baca Juga

Cara Order Produk Kami

Pilih produk yang mau di pesan, Tentukan jumlah pesanan, Nama, Alamat Lengkap WhatsApp 085853547527.

Chat langsung via tombol di bawah ini.

WhatsApp
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar